Cara Membuat Statusbar Transparan Di Homescreen ~ Edit SystemUI

statusbar transparan homescreen

Android kitkat dengan jellybean atau versi yang lebih lawas mempunyai beberapa perbedaan. Dipandang dari segi tampilan jelas sekali sangat mencolok mencuat perbedaan terutama pada desain statusbar. Dimana kitkat sudah menggunakan desain statusbar transparan sedangkan versi lama masih berupa background statusbar dengan warna gelap. Saya sendiri pernah menggunakan aplikasi xposed untuk membuat statusbar menjadi transparan di android jelly bean milik saya dan alhasil sukses. Namun karena pribadi lebih suka utak-utak sendiri akhirnya tidak lagi memakai xposed melainkan langsung mengedit manual systemUI.

Trik ini terbilang mudah asalkan rom sudah deodex dan tahu cara decompile recompile systemUI nanti kita hanya merubah kode warna saja. Melalui kode ini juga bisa diatur nilai persentase transparansi yang dapat disesuaikan sendiri. Mantaap kan sob !!

Cara membuat statusbar transparan di homescreen


1. Buka hasil decompile systemUI dan ganti kode background statusbar yang terletak pada file res/values/drawables.xml. Sobat bisa menemukan kode tersebut dibagian ini:
    <item type="drawable" name="status_bar_background">#ff000000</item>

2. Kode yang saya maksud diatas adalah #ff000000 dan setiap perangkat mungkin berbeda-beda. Kebetulan saya juga habis memakai warna hitam jadi terlihat angka "000000" dibelakang "ff" yang artinya warna hitam tidak transparan. Untuk lebih jelasnya saya akan definisikan kode tersebut:

  • Tanda # merupakan awalan dari sebuah kode warna jadi tanda ini akan selalu ada.
  • Dua kode awal yaitu "ff" merupakan nilai persentase transparan dari kode warna dibelakangnya.
     ff = 0% transparency
     bf = 25% transparency
     7f = 50% transparency
     3f = 75% transparency
     00 = 100% transparency

  • Sedangkan enam kode dibelakangnya adalah kode warna. 000000 adalah hitam dan ffffff adalah putih, untuk warna yang lain bisa sobat tentukan sendiri. Untuk mencari kode warna bisa memakai tool online seperti www.color-hex.com karena menurut saya lebih praktis.

3. Sebagai contoh saya akan memakai warna hitam dan 100% transparan, maka kodenya akan seperti ini #00000000. Setelah selesai menentukan warna dan nilai transparannya sekarang simpan dan recompile kembali kemudian push ke system lalu reboot.

statusbar transparan homescreen

Untuk android jelly bean samsung biasanya wallpaper lockscreen akan terlihat terpotong dibagian statusbar. Supaya statusbar muncul seperti di homescreen sobat bisa edit android.policy.jar dengan mengganti kode method yang ada didalamnya. Selalu backup aplikasi sebelum mengedit supaya jika terjadi kesalahan masih bisa dikembalikan seperti semula.

0 comments:

Post a Comment