Fungsi Fitur Hashtag di Jejaring Social Twitter

Hashtag atau yg lebih dikenal dengan fitur Pagar, merupakan salah satu fitur yg pertama kali dipopulerkan oleh jejaring social Twitter. Karena dgn lambang tanda pagar "#", hashtag berperan menjadi sebuah penanda tema, atau topik tertentu. Namun banyak orang yg masih belum faham dgn fungsi dari fitur tsb. Mari kita bahas sedikit ttg Fungsi Fitur Hashtag di Jejaring Social Twitter ini:

cara bisnis online, strategi bisnis online, cara mudah bisnis online
Fungsi Pengelompokkan Hashtag
Pada awalnya fitur hashtag ini di lakukan oleh sebagian orang untuk menandai kata² yg menjadi bahan pembicaraan orang² dari suatu kelompok tertentu. Banyak yg bisa dilakukan lebih dari fungsi Hashtag ini, terutama bagi kamu yg suka berbisnis online. Fungsi ini mempermudah kita mengelompokkan materi promosi bisnis online kita.

Dgn cara promosi lewat twitter menggunakan Hashtag, seorang pebisnis online mampu mengabarkan program atau produk yg dijual dgn tujuan promo, mengabarkan barang baru, diskon, atau bahkan program cuci gudang. Tentu saja dgn tweet yg ditandai seperti seperti #diskon #promo akan membuat para customers mengetahui maksud dari kabar yg kamu tulis dgn hashtag tsb. Sehingga mampu membuka kesempatan para customers untuk mendapatkan info berbeda dalam satu waktu.


Fungsi Personal Branding Hashtag
Fungsi lain dari hashtag adalah sebagai media Personal Branding. Dgn sedikit kreatifitas melihat tren yang sedang populer, kita bisa memanfaatkan hashtag untuk memperkenalkan usaha kita lebih luas lagi. Ibaratkan saja seperti yg kita lihat dari fenomena trending topic di Twitter. Sebuah tema atau topik bahasan mampu menyebar dengan sangat cepat. Hal tsb tentu saja diakibatkan oleh hashtag itu sendiri yg telah dimanfaatkan benar-benar sesuai dengan fungsinya. Hashtag menjadi branding dari seseorang, sesuatu atau sebuah kejadian yg terus menerus dibahas secara berulang-ulang.

Hal tsb mampu kita manfaatkan sbg strategi marketing online. Salah satunya adalah dengan "teknik mengekor". Teknik ini sebenarnya sudah banyak yg memakai meskipun belum maksimal. Banyak orang tidak menyadari satu hashtag yang unik bisa menjadikan bisnis kita terlihat lebih menarik. Contohnya kamu bisa memasukkan hashtag yang mencantumkan brand usaha yang sedang kamu jalankan dengan sebuah topik populer yang saya sebut dengan istilah Personal Branding Hashtag.

Semuanya kembali kepada kreatifitas kita masing². Mampu memanfaatkan media sebagai lahan utk mencari pendapatan. Untuk zaman skrg, teknologi sangat berperan penting dalam peningkatan bisnis seseorang. Persaingan tetap ada, namun tetap saja kembali pada strategi kita dalam "berdagang". Yg menarik dan kreatif, itu yg laku!

0 comments:

Post a Comment