Trik Android


Tip dan Trik Sederhana di Android

Kali ini saya akan berbagi tentang tip dan trik di android, barangkali diantara teman-teman ada yang belum tahu. Kata Android sudah tidak terasa asing di telinga kita... ya bahkan dari anak-anak sampai orang tua pun banyak yang menggunakan produk dari raksasa internet google ini.

Sudah bukan rahasia lagi kalau android adalah salah satu diantara OS mobile yang sekarang ini sangat banyak dipakai di berbagai penjuru dunia, karena sistemnya yang sangat familiar namun komplek. Meskipun begitu, yang namanya manusia tidak akan pernah merasa puas, selalu minta lebih dan lebih. Bahkan selalu mencari cara bagaimana sistem yang kompleks itu menjadi sesuatu yang simple. Hal ini ternyata dipahami oleh pihak pembuat atau penciptanya. Terbukti dengan kemudian diciptakan widget, shortcut dan beragam trik lain agar andorid lebih nyaman lagi atau istilah kerennya user friendly. Tentu saja hal ini dilakukan semata-mata untuk memanjakan para pengguna setianya. Apa saja sih  kemudahan yang dibuat pada sistem android tersebut? Berikut sedikit keterangan dari saya.

  • Screenshot.
    Khusus untuk yang versi ICS atau diatasnya, untuk  mengambil screenshot ini sangat gampang, kamu tinggal tekan secara bersamaan tombol power dengan vol (-) pada layar yang mau kamu ambil screenshotnya. Secara otomatis screenshot akan terambil dan tersimpan di Galeri. Mudah bukan? 
  • Menaruh kontak pada layar utama (homescreen)
    Kalau kamu sering melakukan panggilan ke salah satu kontak yang ada di phonebookmu, misalnya ke pacar atau siapapun, tentu kamu tidak mau direpotkan dengan fitur pencarian yang bisa memakan waktu. Kamu bisa membuat cara yang praktis dengan menaruh kontak temen kamu itu ke layar utama. Sehingga jika satu saat membutuhkan, kamu tidak perlu repot-repot mencari ke phonebook lagi. Caranya sangat gampang, Pilih widget kontak di androidmu kemudian tentukan kontak yang mau bikin shortcut.

  • Mengambil gambar dan video sekaligus.
    Kamu bisa mengambil gambar disaat kamu sedang merekam video, jika disuatu momen pas lagi merekam video dan kamu pengin mengambil gambar itu, ada cara yang praktis. Kamu tinggal tekan layar disaat mengambil video maka otomatis android juga akan mengambil gambar tersebut. Namun cara ini belum semua gadget tersedia.
  • Perintah suara.
    Kalau kamu lagi malas ngetik, kamu tinggal ngomong dan biarkan text voice yang bekerja dan menulis apa yang kamu bicarakan tadi. Caranya di keyboard android persisnya di samping spasi ada ikon microphone. tekan tombol tersebut.
  • Monitor penggunaan data.
    Kalau kamu sering menggunakan paket data atau internet yang bukan unlimited, tentu saja kamu kepikiran tentang pulsa kamu yang semakin berkurang, untuk memonitor penggunaan paket datamu, kamu tinggal masuk menu setting lalu pilih data usage,  semua informasi penggunaan paket datamu ada disitu.

  • Android sebagai Media Penyimpanan.
    Android kamu juga bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan data layaknya flashdisk. Caranya, tinggal colok kabel USB ke PC kemudian akan ada 3 pilihan biasanya, charge only, data connection dan storage mode. pilih opsi terakhir.

  • Android sebagai Modem
    Caranya sama seperti diatas, cuma bedanya kamu harus memilih opsi data conection.

  • Membaca notifikasi tanpa harus membuka kunci tombol.
    Jika pesan atau apapun itu yang masuk, Android mengijinkan kamu untuk membuka notifikasi tanpa harus membuka kunci tombol. Caranya tinggal usap ke bawah layar. kamu akan bisa melihat apa aja notifikasi yang ada. Dan kalau kamu mau melihat isinya barulah tombol mesti dibuka.

Begitulah sedikit dari saya tentang tips Android sederhana yang perlu kamu ketahui. Sebetulnya  masih ada lagi trik yang bisa kamu terapkan diantaranya, memutar musik via cloud storage dan costumisasi voicemail untuk beberapa kontak sekaligus, namun fitur-fitur tersebut untuk sementara belum tersedia di Indonesia, mudah-mudahan tidak lama lagi.
Sekian, semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment